Laman

Kamis, 01 Desember 2011

Tradisi Wetonan yang memiliki niLai tersendiri

wetonan merupakan tradisi orang jawa..usut punya usut,,berhungung saya orang jawa,,jadi tradisi wetonan juga merupakan tradisi nenek moyang saya..^^ wetonan itu sebenarnya hari dilahirkannya manusia ke dunia ini,,tapi tradisi wetonan agak sedikit berbeda dengan perayaan hari lahir pada jaman sekarang yang lebih menonjolkan makna foya-foya,,wetonan lebih cenderung selametan.. waktu pelaksanaannya pun berbeda,,bila hari ulang tahun yang dirayakan pada jama sekarang kan 1 tahun sekali yaitu pada tanggal dan bulan saat kita dilahirkan,,namun bila wetonan bisa diperingati hingga 10 kali dalam satu tahun,,karena wetonan didasarkan pada kalender jawa yaitu Pon, Wage, Kliwon, Legi dan Pahing..kalau kalian lihat pada kalender,,kita bisa menjumpai hari yang sama dengan kalender jawa setelah 36 hari. 
begitulah kiranya mahakarya buat wetonan,,,kayak tumpengan tapi lebih sederhana dan seadanya..sangat menyenangkan. ^^

sedikit cerita nii,,hari ini saya juga lagi wetonan..^^ sekedar info aku lahir dihari jumat wage,,selametannya jauh dari kata mewah,,jauh berbeda dengan gambar diatas,,,tpi sangat mewah dihati..walaupun cuma berdua dengan ibu,,tapi tetap berkesan,,terima kasihhh atas semua doa yang telah engkau berikan pada anakmu ini , ibu.. XD aku sayaaaaanng ibuuu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar